hello kitty

Senin, 28 Januari 2013


Donat merupakan makanan yang cukup mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan kue donat mempunyai bentuk yang khas. Karena kekhasannya inilah, sampai dijadikan lagu anak-anak beberapa tahun silam. Ya, kue donat dengan ciri berlubang di tengahnya. Namun dalam perkembangannya, resep kue yang satu ini pun semakin bervariasi. Donatpun tidak selamanya mempunyai bentuk berlubang di tengah.
Jika kebanyakan donat yang Kita temui bertabur gula halus, dalam perkembangan resepnya pun semakin bervariasi. Mulai dari donat dengan taburan cokelat, donat cokelat kacang, cokelat meses, hingga donat keju. Variasi donat keju memang sangat menarik. Selain rasa khas dari keju, warna kuning pada keju menjadikan donat ini semakin menarik. Anda pun bisa berkreasi untuk membuat donat bertabur keju.
Resep donat bertabur keju
Bahan:
300 gram tepung terigu
6 gram ragi instant
3 buah kuning telur ayam (yang sudah dikocok)
20 gram margarine (lebih kurang 2 sendok makan)
150 ml susu cair (yang hangat)
100 gram cokelat masak yang sudah ditim
100 gram keju parut
Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
Campur tepung terigu dan ragi instan, ayak. Tambahkan kuning telur dan juga margarine pada tepung terigu dan ragi instasn. Uleni adonan hingga rata. Tuangkan susu cair hangat perlahan, sambil terus diaduk hingga kalis. Bulatkan adonan, atau gunakan cetakan donat. Diamkan lebih kurang 45 menit agar adonan donat menjadi kembang dua kali dari ukuran semula. Setelah itu Anda bisa lobangi bagian tengah donat dengan jari, diamkan kembali selama lebih kurang 5 menit. Panaskan minyak banyak dengan api kecil (hal ini bertujuan agar donat tidak cepat gosong dan masaknya sempurna dengan warna yang tidak terlalu cokelat). Goreng adonan hingga berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan. Dinginkan donat yang sudah digoreng ini, setelah dingin mulailah untuk menghias kue donat dengan taburan keju.
Caranya: masukkan permukaan donat ke dalam cokelat tim, angkat dan balikkan, goyang-goyang di telapak tangan, agar cokelat tidak berserakan. Berikan parutan keju di atas donat yang sudah bersemir cokelat. Donat keju siap untuk disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar