hello kitty

Senin, 28 Januari 2013

ikan pepes


Masakan Indonesia memang kaya ragam. Berbagai bahan dasar bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Salah satu bahan dasar yang bisa dijadikan banyak masakan adalah ikan. Masakan ikan ini adalah resep yang memiliki nilai gizi tinggi. Di Indonesia khususnya, variasi resep ini memiliki cita rasa dan juga bentuk yang khas, salah satunya resep pepes. Ya, ikan pepes.
Ciri khas dari ikan pepes ini adalah dibungkus dengan menggunakan daun pisang, sehingga aroma daun pisang yang khas semakin menambah cita rasa dari resep pepes. Untuk yang ingin menghadirkan resep ikan yang satu ini, dapat menghadirkannya karena proses membuatnya tidaklah sulit namun untuk membuat pepes memerlukan waktu yang lama. Namun, menunggu lebih lama untuk rasa yang sangat lezat tidak ada salahnya bukan?
Resep Ikan pepes
Bahan:
2 ekor ikan tenggiri ukuran sedang, bersihkan
Beberapa lembar daun pisang untuk membungkus ikan, layukan sebentar. Hal ini dilakukan agar daun tidak pecah pada saat membungkus ikan.
½ jeruk nipis, ambil airnya
2 buah daun bawang (iris memanjang)
1 ikat kemangi (ambil daun dan batang yang lunak saja)
1 buah tomat ukuran besar (potong-potong kecil)
3 lembar daun salam
2 cm jahe (iris-iris tipis)
2 cm lengkuas (iris-iris tipis)
5 buah cabe merah (iris-iris)
5 buah cabe rawit utuh
3 buah belimbing wuluh (iris-iris)
Garam secukupnya
2 sdm minyak goreng
Gula secukupnya (pengganti penyedap instan)
Bumbu yang dihaluskan:
5 siung bawang putih
8 buah bawang merah
5 cm kunyit
5 buah serai (hanya diambil bagian putihnya, iris dan cincang halus)
Garam secukupnya
Cara membuat:
Lumuri ikan dengan garam dan perasan jeruk nipis. Diamkan lebih kurang 10 menit, agar garam meresap dan amis pada ikan hilang. Satukan irisan daun bawang dan daun kemangi, beri minyak goreng tambahkan garam dan sedikit gula, aduk rata. Haluskan bumbu, masukkan sebagian pada perut ikan, selebihnya lumuri pada ikan. Daun kemangi dan juga daun bawang yang sudah diaduk sebagian dimasukkan ke dalam perut ikan, selebihnya lumuri pada ikan dan sisa bumbu lainnya lumuri untuk menutupi ikan. Bungkus ikan dengan daun pisang. Setelah itu kukus hingga ikan matang, lebih kurang 40 menit. Untuk memberikan kesan lebih wangi, bakar pepes yang sudah dikukus tersebut sampai berbau harum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar